Alasan Kenapa Milenial Susah Lepas dari Smartphone


Beberapa tahun belakangan ini, teknologi smartphone memang mengalami perkembangan yang pesat. Terdapat banyak sekali inovasi dari perangkat komunikasi ini yang bisa membantu aktivitasmu sehari-hari. Hal-hal yang dulunya tak terbayangkan kini bisa sangat mudah dilakukan dengan smartphone. Inilah yang menjadi alasan kenapa masyarakat sekarang sulit melepaskan diri dari smartphone, khususnya milenial dan generasi Z. Menurut McCrindle Research Centre di Australia, generasi Z adalah orang-orang yang lahir di tahun 1995-2014.

Studi yang dilakukan Nottingham Trent University menyatakan setiap orang, sebagian besar milenial, rata-rata memeriksa ponsel mereka 85 kali dalam sehari. Mereka dihujani beragam informasi sepanjang hari melalui situs pencarian, media sosial, maupun aplikasi chat. Menjelang tidur sekalipun, mereka masih melihat smartphone untuk mengecek notifikasi yang muncul.

Kira-kira faktor apa saja yang bikin milenial sulit lepas dari smartphone-nya? Penjelasan di bawah ini mungkin akan memberikanmu sedikit pencerahan.


1. Fear of Missing Out (FOMO)

Zaman now informasi merupakan hal yang sangat mudah didapatkan, sehingga setiap orang ingin selalu up to date.Saling berbagi informasi menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat, khususnya milenial, untuk bergaul dengan lingkungannya.

2. Menghilangkan kebosanan

Killing time merupakan istilah bagi milenial yang sering menggunakan smartphone untuk menghabiskan waktu guna menghilangkan kebosanan. Umumnya, killing time dilakukan saat sedang menunggu atau menggunakan transportasi umum.

3. Merasa kesepian

Bagi sebagian besar milenial, berinteraksi dengan orang lain sangat menyenangkan. Mereka biasa memanfaatkan aplikasi chatting seperti WhatsApp atau Line untuk mengobrol bersama pacar, teman, atau keluarga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama