Pentingnya Exhibition untuk Bisnis

Exhibition bisa dikatakan sebagai ajang promosi yang cukup efektif. Pasalnya, event pameran selalu ramai dipadati pengunjung, baik yang sekedar melihat atau ingin mencari suatu produk. Sebelum pandemi melanda, seringkali event exhibition diadakan di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Namun dikarenakan adanya pandemi yang melanda Dunia, event exhibition belum dapat diselenggarakan secara fisik. 




Hal ini, membuat para event creator memunculkan inovasi baru berupa Virtual Exhibition. Dengan tujuan yang sama untuk meningkatkan promosi dan penjualan. Dan karena masyarkat sudah terbiasa dengan segala sesuatu yang dilakukan secara online, Virtual Exhibition ini menjadi pengalaman dan daya tarik bagi para masyarakat di era New Normal. Sehingga, Virtual Exhibition dapat dikatakan tidak kalah efektif dibandingkan dengan pameran fisik. Terlebih Virtual Exhibition  juga dapat memangkas biaya yang sangat besar dibandingkan pameran fisik.

Selain sebagai sarana pengenalan produk baru yang efektif, exhibition juga dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan inovasi baru pada produk yang sudah lama di kenal. Seperti yang kita ketahui bahwa inovasi sangat penting dilakukan untuk produk yang telah lama beredar, agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. 

Menurut Small Bussiness Administration (SBA) Amerika Serikat, berikut manfaat yang didapatkan bila mengikuti exhibition untuk para pemilik bisnis;


1. Mendapatkan calon pembeli (Sales Leads)

Melalui exhibition yang diadakan, sebagai pemilik usaha tentunya ini adalah peluang bagus untuk mengenalkan produk atau jasa kepada pengunjung yang tertarget, karena di dalam event exhibition tentunya pengunjung yang datang merupakan orang-orang yang tertarik dengan tema exhibition yang diadakan dan berniat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa di pameran tersebut. 


2. Meningkatkan image dan visibilitas

Di ajang event exhibition, pebisnis dapat memperkenalkan produk atau jasa. Produk ini bisa dilihat oleh ribuan pasang mata pengunjung event exhibition tersebut. Ini merupakan kesempatan emas untuk membranding image produk ataupun jasa. Dengan begitu, awareness di benak pengunjung akan mudah tertanam. Dan visual merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan.


3. Membidik pengunjung yang spesifik

Jika kita memiliki segmentasi pasar yang khusus, mengikuti event exhibition merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaring pasar. Meskipun, banyak konsumen yang datang hanya sekedar untuk melihat-lihat. Namun, pasti ada ratusan konsumen yang datang untuk tujuan khusus yaitu membeli produk atau menggunakan jasa yang kita jual.


4. Memperbaiki efektifitas dan efesiensi untuk berbagai upaya marketing

Saat sedang mengikuti pameran, kita diumpamakan seperti menebar jala di laut. Siapa yang datang ke booth kita adalah ikan yang terjaring. Ini juga sekaligus untuk survei langsung sejauh mana efektifitas dan efesiensi strategi marekting bisnis kita selama ini. 


5. Sebagai ajang menambah network 

Event exhibition besar yang sudah tersohor bagaikan magnet yang mengundang semua pihak terkait dengan institusi tersebut. Mulai dari pemasok, pinsipal, distributor, investor, lembaga riset, media, dan tentu saja pelanggan. Ini merupakan peluang bagus untuk memperluas kemitraan, dan tidak menutup kemungkinan bisa bekerjsama di masa mendatang. Event pameran merupakan media marekting yang amat kuat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama