Kenali 4 Perilaku Konsumen di Era Digital




Perkembangan era digital yang begitu pesat berdampak pada hampir sebagian besar kehidupan. Termasuk pada perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja. Hal ini tentu harus disadari oleh para marketer, sehingga strategi yang ditetapkan dalam mengembangkan usaha bisa kompatibel dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan tersebut.

Mengenali dan memahami perilaku konsumen di era digital memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha. Jika tidak dicari tahu sejak dini, salah-salah justru usaha Kamu akan kehilangan pelanggannya. Terlebih jika pihak kompetitor sudah lebih dulu menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengenali perilaku konsumen Kamu dalam berbelanja di era digital?

1. Membandingkan kualitas produk dari review di internet

Sebagian besar konsumen Indonesia akan lebih dulu mencari tahu kualitas dari produk yang dibutuhkan dari review yang ada di internet. Biasanya mereka akan memanfaatkan halaman pencarian Google, media sosial, atau kolom testimonial yang terdapat pada toko online Kamu.

Oleh karena itu, untuk bisa lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor, pastikan Kamu selalu memberikan kualitas produk dan layanan yang terbaik kepada pelanggan.


2. Utamakan kemudahan pemesanan dan pembayaran

Di era digital seperti saat ini, harga murah tidak lagi menjadi satu-satunya daya tarik pelanggan. Sebagian besar justru lebih memilih harga produk yang lebih mahal, namun tentunya dengan kualitas dan layanan yang jauh lebih baik.

Terutama dalam hal kemudahan pemesanan dan metode pembayaran yang disediakan oleh sebuah brand. Apalagi di Indonesia tren pembayaran cashless atau non-tunai tengah naik daun. Secara otomatis ‘memaksa’ setiap pengusaha untuk menyediakan tipe pembayaran ini melalui aplikasi kasir online.


3. Menyukai personalisasi

Tentu saja, masing-masing pelanggan memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda terhadap produk dan layanan yang Kamu berikan. Kondisi inilah yang membuat produk atau layanan yang telah dipersonalisasi, lebih disukai dan populer di kalangan pelanggan.

Melalui produk atau layanan yang telah ‘disesuaikan’ dengan kebutuhan pelanggan, Kamu bisa memberikan kepuasan tersendiri sehingga berdampak pada loyalitas pelanggan tersebut.


4. Tidak ingin tertinggal hype(tren)

Satu lagi perilaku konsumen dalam berbelanja di era digital, yaitu mereka tidak ingin tertinggal hype atau segala sesuatu yang sedang menjadi trending topic.

Peluang ini bisa Kamu manfaatkan sebagai momen yang tepat untuk menciptakan inovasi produk sesuai dengan apa yang tengah menjadi perbincangan masyarakat luas di media sosial. Terlebih jika target pasar yang dituju adalah generasi milenial yang cenderung selalu ingin terlihat up-to-date.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama