Penerapan Virtual Reality di Dalam Virtual Event

Industri penyelenggaraan acara atau event semakin bergantung pada teknologi Virtual Reality (VR). Setidaknya hingga tahun lalu, pemakaian VR semakin marak dan banyak para ahli mencoba untuk memprediksi dampak VR bagi industri penyelenggaraan event. Sebenarnya, apa sih VR event itu, dan bagaimanakah perkembangannya hingga saat ini? Berikut pembahasanya by Qubic Event.


1. Acara Virtual

Banyak aspek terkait VR berkutat di seputar acara olahraga, seperti Olimpiade Rio 2016 dan Super Bowl LI. Selain di dalam bidang olah raga, Live music termasuk yang kerap menggunakan teknologi ini. Seperti Pusat Pembinaan Profesi Keuangan yang menyelenggarakan Virtual Event bertajuk Profesi Keuangan Expo yan menggunakan teknologi Virtual Reality yang digarap bersama Qubic Event. 


Acara virtual membuka banyak peluang kemitraan dan co-branding. Imersi penggunaan VR yang lebih mendalam menciptakan keterikatan lebih kuat dengan audiens. Itulah celah munculnya peluang kemitraan sponsor dan branding. Kemampuan melakukan live stream konten VR langsung ke lini masa akun media sosial audiens membuat branding lebih mudah menjangkau audiens yang lebih banyak secara real time.


2. Menambah Pengalaman Live Event


VR dapat meningkatkan pengalaman pengunjung suatu acara, seperti yang dilakukan oleh Intel pada CES 2017. Mengutip pidato CEO Intel, Brian Krzanich, lokasi acara saat itu menyediakan 200 headset yang membawa pengalaman dunia virtual ke dunia nyata.


3. Virtual Reality Lite


Video 360 derajat dapat dengan mudah membawa penonton ke dunia VR. Anda hanya membutuhkan perangkat mobile untuk bisa menikmati pengalaman dunia virtual. Ini menjadi nilai plus bagi penyelenggara acara yang melakukan riset tempat. Walau tidak seakurat seperti tempat aslinya, inovasi ini membantu dalam mengecek lokasi jika sedang mendesak.


4. Media Sosial Sebagai Pintu Masuk VR


Media sosial sungguh terbukti dapat menjadi media efektif untuk melakukan live streaming. Twitter bersama Oscars pernah melakukan hal ini. Snapchat pernah membagikan pengalaman unik menonton Golden Globes melalui Spectacle di Snapchat.

Cara ini memberikan kendali kepada audiens itu sendiri. Poin ini memberikan gagasan kepada penyelenggara event untuk menyediakan VR atau cara masuk lain melalui media sosial. Metode ini terbukti sangat efektif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama