Fitur-fitur yang Harus Ada Dalam Sebuah Platform Virtual Event

Bahkan sebelum Covid-19 melanda, penyelenggara event sudah mulai bergerak menuju format digital sebagai cara untuk menghemat biaya pelaksanaan, meningkatkan pendapatan, dan menjangkau audiens global. Acara virtual sekarang memainkan peran utama dalam industri event. 

Ada berbagai jenis acara virtual, dari konferensi virtual hingga serangkaian webinar digital dan pameran dagang virtual untuk indsutri yang ditargetkan. Apapun kebutuhan acara, bisnis, atau pasar Kamu, platfrom virtual event dapat mengakomodasi hal ini. 

Platform virtual event dirancang untuk digunakan dengan berbagai kegunaan dan berbagai fitur yang berorientasi pada kesuksesan. Platform virtual event yang tepat akan memungkinkan kamu membuat skenario virtual event yang unik sehingga peserta jarak jauh dapat terlibat dengan konten acara, anggota pameran, serta produk dan konten yang ada di dalam acara tersebut.

Untuk menunjang kesuksesan acara virtual, berikut daftar fitur yang harus dimiliki sebuah platfrom virtual event untuk menunjang kesuksesan acara virtual kamu.


1.  Custom Branding



Salah satu elemen terpenting dalam menyelenggarakan virtual event adalah pemasaran dan membangkitkan minat dan kegembiraan audiens. Cara terbaik untuk melakukanya adalah melalui branding acara.

Platfrom acara yang mendukung branding adalah suatu keharusan. Cari platfrom yang memungkinkan Kamu mengambil kendali penuh untuk memasukan merek acara kamu ke dalam platform. Kamu harus dapat mengunggah logo kamu sendiri, menyederhanakan citra dan penawaran merek, dan menampilkan kisah merek unik kamu.


2. Live Streaming Video



Sebagian masyarakat, banyak menghabiskan waktu secara online, jadi masuk akal untuk menyediakan konten video streaming langsung kepada peserta kamu. Video selalu dapat direkam sebelumnya dan diunggah ke platfrom acara. Tetapi streaming langsung lebih berdampak.


3. Event Ticket and Registration





Pendaftaran tiket acara harus mudah diakses oleh audiens dan mudah dipantai dan dilacak untuk manajemen acara. Platform acara yang tepat akan memudahkan Kamu menjual tiket, memproses pendapatan, menyesuaikan strategi tiket, meminta donasi, dan memproses pendaftaran.


4. Interactive Features




Untuk melibatkan  audiens online dengan benar, kamu memerlukan interaksi dan fitur yang menarik. Menonton video dari pembicara utama, betapapun menariknya, tidak akan cukup untuk menghubungkan audiens dengan konten. Sehingga platfrom harus dapat terintegrasi dengan  fitur-fitur menarik seperti quiz, mini games, photo booth, dan sebagainya. Dan yang tak kalah penting, platform harus memiliki area public chat agar peserta dapat saling berinteraksi ketika event berlangsung.

5. Data and Analytics





Akan sulit untuk mengetahui apakah acara virtual kamu sukses atau tidak jika tidak memiliki data analaitik yang tepat. Platform acara Kamu harus memberi kamu akses ke informasi waktu nyata terkait penjualan tiket, lalu lintas situs web, data peserta, dan total penggalangan dana dari satu dashboard.

Dan semua fitur tersebut akan kamu dapatkan ketika kamu menyelenggarakan virtual eventmu bersama Qubic Event.  Klik disini untuk melihat demo platformnya. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama