Tips Menyelenggarakan Webinar yang Sukses



Webinar adalah singkatan dari web seminar atau disebut juga seminat online. Sebuah acara seminar yang dilangsungkan secara online dan dihadiri secara onine. Dengan berbasis internet, kamu bisa membuat acara seperti talkshow, seminar, diskusi  dan  workshop. tujuan dari diselenggarakan webinar bearagam, seperti berbagai informasi, berbagi pengalaman maupun pengembangan bisnis.

Karena webinar berbasis online maka semua sistemnya dijalankan dengan sistem atau aplikasi. Contoh, ketika kamu mengikuti sebuah seminar kamu perlu datang ke lokasi yang telah ditentukan, dengan Webinar, kamuu hanya perlu standby pada waktu yang sudah ditentukan dan dapat kamu ikuti dari mana saja hanya dengan koneksi internet. Dengan kata lain, kamu bisa mengikuti seminar dimanapun kamu berada tanpa terbatas oleh jarak. 

Untuk memulai mengadakan webinar ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, Beberapa diantaranya adalah:

1. Tentukan Konsep dan Tema yang Jelas

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema dan konsep acara yang menari. Karena daya tarik seseorang akan muncul dari rasa penasaran. Contoh tema yang dapat memantik rasa penasaran peserta adalah tutorial, berbagi pengalaman dan promosi bisnis.

2. Narasumber yang kompeten

Pemilihan narasumber yang tepat juga menjadi salah satu kunci untuk mensukseskan sebuah seminar, pembicara harus memiliki kompetensi dan kapasitas dalam menyampaikan topik yang nantinya akan disampaikan. Pembicara yang dipilih harus berkarakter dan interaktif. Hal ini bertujuan membuat seminar berjalan lebih menarik. Contihnya, pada beberapa seminar peserta kadang kala menanyakan pertanyaan yang diluar dugaan, disinilah pemilihan narasumber yang tepat berpengaruh. Pembicara yang menguasai topik pembicaraan pasti akan memberikan respon yang memuaskan audiens.

3. Membuat prosedur webinar dan susunan acara

Buatlah alur pendaftaran yang mudah dilakukan. Kamu bisa membuat alur pendaftaran melalui google from dan platform lainya. Jangan lupa untuk membuat kebijakan dan peraturan yang harus dipatuhi selama webinar berjalan. Selanjutnya, kamu harus menentukan durasi khusus dengan tujuan agar semua materi dapat disampaikan dengan baik. Tidak terlarut-lahr. Hal ini bertujuan untuk menghindari peserta seminar merasa jenuh, susunan acara yang jelas akan membuat seminar berjalan efektif dan efisien.

4. Tentukan waktu yang tepat

Tentukan waktu acara yang idea, contoh waktu ideal untuk melakukan seminar adalah antara pukul 9-12 atau pukuk 13 -15. Rentang waktu tersebut adalah waktu produktif yang dimiliki orang-orang. Selanjutnya adalah pemilihan hari. Utamanya hindari pemilihan hari pada saat akhir pekan, karena biasanya pada akhir pekan, orang-orang cendurung menghabiskan waktu untuk beristirahat. Jika memang ingin mengadakan seminar pada hari minggu, cocoknya dilakukan di pertengahan hari.

5. Lakukan promosi

Ketika semua persiapan sudah disiapkan, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempromosikan acara kamu secara gencar dan tepat di sosial media. Kamu bisa juga meminta tolong teman atau bahkan peserta untuk membantu proses promosi ini. Lakukan promosi dalam rentang waktu yang tidak terlalu dekat maupun terlalu jauh dengan hari acara. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu penyebaran informasi acaramu secara lebih luas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama