Rekomendasi Aplikasi Video Conference dan Tips Online Meeting Saat WFH

Pertanggal 11 Maret 2020, WHO sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena angka kematiannya sudah mencapai 4000 jiwa. Oleh karena itu, seluruh perusahaan di sektor yang non esensial diperintahkan untuk WFH. Dalam mengatasi berbagai keterbatasan saat WHF, berbagai perusahaan sudah mulai mencari cara paling efektif untuk mengakali fenomena ini, seperti video conference atau menggantikan meeting menjadi conference call.

Satu tahun pandemi berlangsung, kegiatan menelepon menggunakan video alias video call sudah mulai terbiasa digunakan oleh berbagai kalangan dari lapisan masyarakat. Mengingat efektivitas yang disediakan sesuai dengan “harga” yang harus dibayar, video call menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah ruang dan waktu ketika ingin bertatap muka.

Namun, tak jarang berbagai perusahaan maupun institusi seperti sekolahan, masih kebingungan dalam mencari aplikasi video conference yang sesuai dengan kebutuhanya. Di artikel berikut, kami akan memberi kamu rekomendasi aplikasi video conference yang fleksibel dan tips ketika kamu online meeting saat WFH. 

3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Terbaik

Seiring perkembangannya, kini kita sudah sering mendengar istilah “video conference”, yaitu kegiatan konferensi, rapat, atau pertemuan yang bisa dilakukan melalui sambungan internet ke perangkat digital seperti komputer, laptop, bahkan smartphone.

 

Selain dapat digunakan untuk online meeting, aplikasi video conference juga berkembang penggunaanya seiring waktu dan kebutuhan. Seperti mengadakan online class dan virtual event. Tentunya untuk menyelenggarakanya, diperlukan aplikasi video conference yang fleksibel. Berikut ini 3 rekomendasi aplikasi video conference terbaik yang fleksibel penggunaanya.

 

1. Google Meet

 


Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Google Meet hadir dan menawarkan banyak fitur yang bisa membantu penggunaan perorangan dan perusahaan hingga skala besar sekalipun. Bisa di bilang, jika keperluanmu hanya mengadakan online meeting, online class dan pertemuan kecil, google meet ini cocok untuk kebutuhan tersebut. Berikut ini fitur- fitur yang bisa Anda andalkan dari Google Meet :

1.     Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli paket G Suite Enterprise.

2.     Mempunyai kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang di instal oleh pengguna smartphone Android dan iOS.

3.     Kemampuan untuk melakukan rapat online dengan nomor dial-in.

4.     Jika pengguna edisi G Suite Enterprise memakai nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.

5.     Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.

6.     Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi.

7.     Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya.

8.     Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.

 

2. Zoom

 



Bisa dibilang Zoom merupakan aplikasi online meeting yang paling fleksibel, intregasinya dengan OBS dan aplikasi-aplikasi lain pendukung live streaming membuat aplikasi ini dapat digunakan untuk penyelenggaraan online event. Ketika kamu mendaftarkan diri, kamu dapat fitur basic yang sebenarnya sudah cukup mempuni, seperti:

·        Dapat melakukan meeting hingga 100 partisipan

·        Gratis 40 menit video conference. Untuk rapat kelompok, atau online class kamu dapat mengulang lagi jika durasi sudah habis

·        Kualitas suara dan gambar HD

·        Screen-sharing

·        Akses ke virtual background

·        Menjadwalkan hingga merekam keseluruhan meeting

·        Dan juga dapat membagi partisipan menjadi beberapa “ruangan” dengan fitur Breakout Rooms

3. Webex

 



Perusahaan Cisco, merilis aplikasi video call bernama “Webex” yang juga bisa digunakan melalui web browser. Melalui Webex, kamu bisa melakukan video conference dengan durasi tak terbatas hingga 100 orang. Perlu diketahui, Webex merupakan platform terintegrasi Cisco yang memungkinkan pekerjaan dilakukan dari jarak jauh, misalnya rapat tanpa perlu hadir semuanya secara fisik di ruangan.  

Jadi, para pengguna dapat melakukan pertemuan secara virtual melalui video conference di manapun dan kapanpun melalui perangkatnya masing-masing dalam waktu bersamaan--tanpa membutuhkan ruang rapat khusus, namun tetap terjamin keamanannya. Bicara keamanan, paltform WebEx yang kerap digunakan untuk teleconference dan berbagi data pun kini menerapkan sistem keamanan yang lebih terintegrasi dan bisa melindungi data perusahaan. 

Cisco Webex dapat diintegrasikan dengan sistem video conferencing apa saja sehingga memudahkan komunikasi dari perangkat apa saja, dimana saja dan kapan saja, dengan dukungan kualitas video yang tajam hingga Full HD. 

Tips Video Conference atau Meeting Online saat WFH

Setelah menentukan platform mana yang cocok untukmu, sekarang waktunya mengetahui tips yang cocok bagi kamu yang harus work from home (WFH) melalui pembahasan berikut

1. Persiapkan workplace yang nyaman serta perangkat teknologi yang dibutuhkan

Demi menghindari perasaan bosan atau tertekan ketika bekerja dari rumah, kamu perlu menyiapkan tempat senyaman mungkin sehingga kamu bisa tetap produktif.

Menyiapkan tempat khusus atau proper untuk kamu bekerja merupakan hal penting. Hal ini membuat kamu fokus dan terhindar dari hal-hal yang dapat mendistraksi kamu ketika kamu bekerja di rumah. Ketika kamu bekerja di ruang keluarga, sedangkan aktifitas di ruang keluarga tersebut cukup ramai oleh penguhuni rumah, hal tersebut akan membuatmu terdistraksi dari apa yang harus kamu kerjakan. 

Jangan lupa untuk menyiapkan perangkat teknologi yang kamu butuhkan, seperti komputer, laptop, atau HP untuk menghubungkan perangkatmu dengan internet atau video call

2. Sebisa mungkin, samakan jam bekerja di kantor dengan di rumah

Salah satu keuntungan WFH adalah kamu tak perlu menghabiskan waktu di perjalanan ke kantor. Namun, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan dan bangun lebih siang, ya!

Tetaplah bangun pagi seperti biasanya, mandi dan berpakaian bersih dan rapih, dan bekerjalah pada jam kerja kantor. Hal ini penting untuk menjagamu tetap produktif selama kamu di rumah aja.

3. Usahakan agar tetap terhubung dengan rekan kantor

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti kamu hanya bekerja sendirian. Pastikan komunikasimu dengan rekan kantor tetap terhubung agar kamu terhindar dari rasa kesendirian ketika melakukan isolasi.

Ada atau tidak ada kerjaan yang perlu dikomunkasikan denga rekan kantormu, tetaplah sapa rekan kantor mu walaupun mungkin hanya sekedar menanyakan kabar. Hal ini juga penting, agar kamu tetap menjaga hubungan baik dengan rekan-rekanmu di kantor selama kamu di rumah aja.

Dengan demikian, walaupun dirumah aja, kamu bisa tetap terhubung, produktif dan tetap seimbang antara jam kantor dan jam istirahat kamu di rumah.  Jangan jadikan pekerjaan sebagai beban utamamu, karena kamu hanya akan membuatnya terlalu berat. Gunakan kesempatan WFH untuk mengembangkan dirimu agar kamu pun tidak merasa bosan dengan pekerjaan.

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama