Mengenal Event Virtual dan Kelebihannya.

Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah kebiasaan dan cara kita bekerja dan berinteraksi. Berbagai pembatasan memaksa kita untuk tetap berada di rumah. Namun demikian, beban dan tanggung jawab baik pekerjaan, sekeoolah ataupun bisnis harus tetap berjalan seperti biasa. Untunglah saat ini kita berada dalam era teknologi digital dimana komunikasi antar manusia menjadi tidak terbatas dengan bantuan tekonologi.


Salah satu kegiatan yang paling terdampak dari pandemi ini adalah pelaksanaan event. Dengan alasan untuk mencegah terjadinya kerumunan, berbagai pelaksanaan event seperti konser, seminar, workshop, festival, wisuda, pameran, bazaar, perayaan keagamaan dan masih banyak lagi harus di batalkan. Dalam perjalananya, masyarakat berusaha untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan ini secara virtual. Upaya untuk memindahkan pelaksanaan event fisik menjadi non fisik inilah yang akhirnya melahirkan berabgai bentuk virtual event. 


Virtual event ini berkembang dengan sangat pesat. Berbagai digital platfrom pun bermunculan untuk mendukung pelaksanaan virtual event ini. Sudah bukan menjadi hal yang aneh saat ini untuk masyarakat menikmati berbagai event virtual secara live streaming via aplikasi seperti youtube maupun zoom. Acara wisuda yang seringkali menciptakan kemacetan, pameran dan launching produk di meeting hall yang padat, seminar lokal, nasional bahkan internasional tetap dapat dilakukan bahkan dengan biaya yang jauh lebih terjangkau





Apa itu Virtual Event? 


Virtaul event adalah pelaksanaan berabgai kegiatan menggunakan media digital atau online. Rasanya hampir semua acara dapat dilakukan secara virtual. Apakah kamu memiliki event yang formal maupun kasual, event rutin atau perayaan moment spesial, semua dapat  dilakukan secara virtual. Perbedaan terbesar dari pelaksanaan virtual event dan event fisik adalah peserta event tidak perlu hadir secara fisik di lokasi acara. Peserta dapat hadir dan berinteraksi menggunakan media dan aplikasi digital. Qubic Event merupakan salah satu platfrom virtual event tercanggih dengan berbagai fitur yang tidak akan ditemukan di platfrom virtual event lainya. Peserta tidak hanya sekedar menonton pelaksanaan event, namun juga dapat secara aktif terlibat dan berinteraksi seperti chatting, mengikuti quiz, games dan polling, berkunjung ke virtual booth, shopping dan masih banyak lagi.


Apa kelebihan Virtual Event?


1. Praktis dan Efisien


Pelaksanaan virtual event menjadi sangat praktis karena dapat dilaksanakan relative lebih cepat dengan upaya yang sangat sederhana. Sebut saja kamu berencana membuat sebuah pameran dengan target pengunjung 5.000 orang. Kamu harus mencari tempat yang dapat menampung peserta sebanyak itu, belum lagi berbagai masalah serperti izin keramaian, petugas keamanan, petugas kebersihan, koordinasi kepolisian dan masih banyak lagi. Berbagai masalah ini seketika lenyap saat kamu memutuskan untuk melaksanakan event secara virtual. Sehingga pelaksanaan event menjadi sedemikian praktis dan efisien. 


2. Menghemat Biaya


Biaya menjadi salah satu keunggulan terbesar dari pelaksanaan virtual event. Bayangkan kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sama sekali untuk sewa gedung atau lahan, biaya pengamanan, biaya kebersihan, utilitas, tenaga kerja, dan masih banyak lagi. Efesiensi biaya ini bahkan tidak cuman dirasakan oleh penyelenggara acara, namun juga oleh pengunjung itu sendiri. Peserta dapat hadir tanpa perlu mengeluarkan biaya transportasi, akomodasi atau konsumsi. Dan karena event virtual dapat diakses oleh siapapun yang memiliki koneksi internet, penyelenggara dapat menjangkau lebih banyak audiens. Contoh  saja jika kamu menyelenggarakan pameran fisk di Kota Bandung, maka audiens kamu hanyalah masyarakat kota Bandung dan Sekitarnya. Namun jika kamu melakukanya secara virtual, maka pengunjung dari luar pulau bahkan luar negeripun akan berkesempatan untuk hadir dalam event tersebut. 


Jadi sudah tidak adalasan lagi kan untuk kamu menunda pelaksanaan event kamu yang tertunda? Dengan perkembangan teknologi saat ini, virtual event tetap dapat memberikan pengalaman yang tidak kalah bahkan lebih seru dibandingakn event fisik. Yuk langsung hubungi Qubic Event dan lihat bagaimana kami dapat membuat pelaksanaan event virtual kamu menjadi pengalam yang tidak terlupakan. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama